Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Keunggulan Jakarta International Stadium yang Mirip Wembley Stadium

Keunggulan Jakarta International Stadium - Stadion ini baru mulai dibangun pada 2019 dengan dimulainya kick-off pembangunan JIS oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 14 Maret 2019 di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara dan selesai pada tahun 2022. 

Jakarta International Stadium

Jakarta International Stadium sekilas terlihat mirip dengan Stadion Wembley yang ada di Inggris sana, terdapat banyak pintu yang ada di tribun penonnton. Gunanya untuk memudahkan suporter masuk ke tribun dan keluar  agar tidak berdesakan.  Dari segi warna Wembley Stadium didominasi warna merah sedangkan kan JIS di dominasi warna Orange kalo JIS memiliki keunggulan memiliki atap buka tutup.

JIS merupakan stadion termegah di Indonesia dan salah satu terbaik di Asia Tenggara saat ini. Karena Jakarta International Stadium memiliki banyak keunggulan serta di sertai fasilitas lengkap yang menunjang keamanan dan kenyamanan pemain serta penonton tentunya.

Stadion ini nantinya di utamakan sebagai kandang tim sepak bola asal ibu kota yaitu PERSJIA.

Lalu apa aja sih keunggulan Jakarta International Stadium? Berikut 7 JIS yang perlu kamu ketahui :

1. Kapasitas penonton terbanyak

Kapasitas penonton di Jakarta Internasional Stadium ini adalah 82.000 full single seat, merupakan yang kapasitas terbanyak di Indonesia dan terbanyak di Asia dengan konsep atap tertutup.

Sebelumnya stadion terbesar di Indonesia ditempati oleh Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Fasilitas tribun sendiri tersedia untuk penonton umum, disabilitas dan kelas VIP.

Kursi stadion di JIS didominasi dengan warna orange dan gradasi abu-abu dengan 3 tinggat tribun.

Jakarta International Stadium

2. Stadion Atap buka tutup pertama 

Stadion dengan konsep atap yang bisa buka tutup ini merupakan stadion pertama yang ada di Indonesia. Kalau stadion dengan konsep atap buka tutup di Asia sebelumnya sudah ada seperti National Stadium di Singapura dan Tokyo Dome di Jepang, tapi dengan kapasitas yang lebih kecil dari JIS ini.

Nantinya dengan atap buka tutup ini bisa jadi stadion multifungi tidak hanya menjadi stadion yang bisa digunakan untuk event sebak bola saja, tetapi juga bisa digunakan untuk segala event seperti konser musik dan kegiatan lainya.


atap buka tutup jis

3. Terdapat Jogging Track “Sky View Deck”

Adanya Sky view deck di atas stadion merupakan yang pertama di Indonesia. Sky View Deck memiliki ketinggian 72 meter dan mengelilingi seluruh atap stadion JIS, nantinya bisa dipakai untuk tempat joging atau wisata dengan pemandangan gedung tinggi kota Jakarta dan juga dengan view laut utara Jakarta.

Dari Sky View Deck JIS kita bisa juga melihat sirkuit Formula E yang ada di tepi pantai dan teletak sebelah utara JIS ini.

jogging track jis

4. Konsep Green Building

Untuk mendukung ekosistem green building JIS ada beberapa indikator yang meski terpenuhi. Di antaranya lahan tepat guna. Artinya accessible bagi transportasi umum. Itu sebabnya, JIS nantinya akan terintegrasi dengan angkutan publik seperti Transjakarta, LRT Jakarta, hingga KRL Commuter Line.

Di atas Atap juga terpasang panel surya sebagai sumber energi, serta konsep facade yang berlubang sebagai sirkulasi udara dan mengurangi penggunaan AC.

jis green building


5. Terdapat 2 lapangan latih

Di komplek Jakarta Internasional Stadium sudah dibangun terlebih dahulu 2 buah lapangan latih yang kualitas rumputnya sama dengan lapangan utama di dalam stadion. Lapangan latih ini bisa digunakan untuk berlatih para pemain bola sebelum bertanding, atau bisa juga digunakan oleh komunitas untuk bermain bola

lapangan latih jis

6. Menggunakan rumput Hybrid

Rumput lapangan JIS menggunakan rumput hybrid atau perpaduan antara rumput alami dan sintetis merupakan yang pertama di Indonesia.

Komposisi rumput sintetis sebanyak 5 persen yang didatangkan dari Italia dengan Limonta. Sementara 95 persennya adalah rumput alami dengan jenis variestas Zoysia Matrella yang didatangkan langsung dari Boyolali, Jawa Tengah

Kelebihan menggunakan rumput hybrid diantaranya yaitu lapangan dapat digunakan dengan rentang waktu yang lebih lama yaitu hingga 1.000 jam pertandingan. 

Rumput hybrid juga memiliki daya serap air yang baik. Artinya air akan lebih cepat turun hingga lapisan terbawah rumput. 

rumput hybrid jis


7. Memiliki Fasad yang bisa menyala

Fasad Jakarta International Stadium berbentuk ikat kepala Betawi yang berbentuk kain bermotif batik melingkar.




Sekilas terlihat seperti mangkok yang tidak terputus dengan bentuk dasar lingkaran. Sementara fasad perforasinya jika ditilik dari kejauhan juga akan tampak membentuk seperti corak harimau.

Motif di facade akan terlihat lebih atraktif dengan adanya permainan special lighting dari LED itu di malam hari, bisa menampilkan motif lampu yang bagus, bisa juga untuk menampilkan teks yang mengelilingi stadion dan bisa terlihat dari jauh

lampu indah jis

8. Memiliki 4 locker room

Pembangunan JIS sengaja di sediakan 4 locker room yang megah juga, yaitu 1 locker room home dan 3 untuk tim away. Kenapa empat locker room? karena jika dalam satu hari ada dua pertandingan, kita siap untuk meyelenggarakan dua pertandingan tersebut sehingga tidak saling menunggu locker room,

Di dekat locker room juga tersedia lapangan mini yang gunanya untuk pemanasan sebelum bermain dilapangan utama.
locker room jis


Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki Jakarta International Stadium yang baru selesai dibangun tahun 2022 ini. Dengan adanya stadium megah di indonesia ini semoga juga diikuti oleh prestasi sepak bola Indonesia dan olahraga lainya.

Posting Komentar untuk "8 Keunggulan Jakarta International Stadium yang Mirip Wembley Stadium"