Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kelebihan Smartphone Android Dibanding iPhone

Kalian pengguna Andoid? tidak usah minder teman. Walaupun banyak poin plus yang terdapat di Smartphone iPhone, tapi kelebihan Android dari iPhone masih belum mampu untuk membuat pengguna Android berpaling ke iPhone

kelebihan adroid dari iphone

Tulisan ini tidak mengatakan kalo iPhone itu jelek, tapi hal tersebut belum banyak mengubah kecintaan pengguna Android untuk berpaling ke iPhone. Walaupun tidak dipungkiri kalo iPhone itu mudah memincut pengguna karena memang desain tampilan yang epik dan terlihat mewah.

Bagi yang sudah merasakan manfaat memakai Android tak akan tergiur dengan modal tampilan iPhone semata, karena pengguna Android sudah terlalu nyaman dan banyak kelebihan yang disediakan.

Lalu apa saja sih kelebihan menggunakan Smartphone Android dibanding iPhone tanpa bermaksud promosi, berikut ini ulasanya:

1. Banyak varian yang tersedia

Tak bisa dipungkiri kalo memang smartphone Android ini banyak sekali pabrikan yang menggunakan operasi Android di smartphone mereka. Kita bebas memilih sesuai kebutuhan yang akan kita pakai, mulai dari spesifikasi minimal sampai yang gahar.

Tersedia dari harga murah meriah sampai harga diatas rata-rata yang melebihi harga iPhone. Banyaknya merek smartphone Android semakin ketat dan menyebabkan harga smartphone Android juga harganya kompetitif satu sama lainya.

Intinya kita bebas memilih smartphone seperti apa yang kita inginkan sesuai budget yang kita miliki.

2. Kapasitas Memori Besar

Pengguna HP Android bisa mendapatkan memori yang besar dan tersedianya kartu memori eksternal sebagai tambahan. Keunggulan ini tidak bisa didapatkan di iPhone karena memang pihak iPhone tidak menyediakan slot untuk tambahan memori, jadi cuma bisa pakai memori bawaan yang tersedia di iPhone.

iphone vs android

Karena kalo HP yang memiliki kamera dengan kualitas tinggi pasti akan menghasilkan file foto atau video yang lumayan besar, jadi kebutuhan memori dengan kapasitas besar dalam hal ini akan menjadi prioritas.

3. Harga Sparepart Terjangkau 

Suku cadang Android memang relatif lebih murah dibandingkan iPhone dari segi apapun, kunggulan ini membuat pengguna Android semakin nyaman dalam menggunakan HP Android mereka jika terjadi kerusakan. 

Salah satu contoh adalah masalah charger. Para pengguna iPhone terbaru bahkan harus merogoh kocek tambahan yang lumayan mahal untuk membeli charger yang dijual terpisah oleh Apple. Berbeda dengan pengguna Android., Anda tak perlu khawatir jika kabel charger bawaannya rusak, karena Anda bisa menggunakan kabel charger dari smartphone Android lain.

4. Aksesoris dan Hardware

Karena smartphone Android memiliki banyak varian, kita bisa mendapatkan hal-hal yang tidak ada di iPhone. Seperti misalnya colokan earphone maupun microSD, hingga kapasitas baterai yang lebih besar dengan teknologi isi ulang lebih cepat.

Kamera pada HP Android lebih variatif, karena menawarkan banyak fitur dengan teknologi canggih hasil kerjasama dengan banyak pabrikan kamera, seperti Leica dan Huawei, atau juga lensa kamera dari Sony. Hal ini membuat kualitas dari hasil jepretan HP kamera terbaik dari Android sudah tak kalah dengan kamera iPhone.

5. Charger Universal

HP iPhone dikenal sebagai smartphone yang hanya “mengizinkan” perangkatnya digunakan dengan ekosistem yang mereka punya. Bahkan untuk mengecas baterai iPhone, kita tidak bisa memakai charger sembarangan. 

charger android

Sedangkan kerumitan itu tidak akan Kita temukan di pengguna Android, karena kabel charger universal yang sudah paten. Anda bisa memakai charger dari HP Android apa saja, yang penting tipenya portnya juga sama.

6. Modifikasi dan Rooting

Keunggulan smartphone Android lainya adalah perangkatnya sangat nyaman digunakan oleh pengguna yang memiliki pengetahuan atau rasa penasaran pada batas kemampuan rooting mereka.
 
Pengguna Android bisa mengakses dan mengubah apapun yang ada di perangkat Android untuk mendapatkan pengaturan sesuai keinginannya. 

Berbeda dengan iPhone yang tidak mengijinkan perngkatnya untuk di modifikasi oleh pengguna.

7. Pengaturan Aplikasi

Kita akan menemukan lebih banyak aplikasi di Android dari pada di iPhone. Android memungkinkan kita mengatur alternatif aplikasi pihak ketiga sebagai default untuk segala keperluan. 

Kalau pengguna iPhone tidak bisa sembarang memasang aplikasi di smartphone mereka, karena untuk bisa install aplikasi di iPhone harus aplikasi yang sudah terverifiaksi oleh iOS itu sendiri.

Kontrol penuh pada Android menjadi alasan mengapa beberapa aplikasi Android, seperti video player gratis yang bisa meng-handle semua format, emulator, dan lain-lainnya terkadang tidak akan Anda jumpai di iOS.

8. Berbagi Data

Mengenai data sharing atau berbagi data, Android jauh lebih unggul jika dibandingkan iPhone. Bahkan banyak bilang kalau masalah berbagi data ini menjadi salah satu kelemahan iPhone yang paling menjengkelkan dibandingkan Android.

Karena untuk mengirim atau menerima data seperti lagu, para pengguna iPhone harus memindahkannya lewat iTunes. Artinya, Anda juga harus memasang aplikasi iTunes di laptop atau PC. Sangat ribet bukan

Berbanding terbalik dibandingkan dengan smartphone Android yang bisa bebas memindahkan file dari atau ke perangkat Androidnya dengan sangat mudah bisa melalui kabel chargernya.

9. Aplikasi dan Layanan Google

Google pada perangkat iPhone tidak memiliki peran yang terlalu banyak, karena sebagian sudah digantikan oleh aplikasi lain besutan iOS itu sendiri.

Jika kita  ingin mendapatkan yang terbaik dari Google Now, Chrome, Gmail, Google Maps, dan banyak lainnya, maka kita harus menggunakan perangkat Android.
 
Padahal layanan Google akansemakin vital karena Google tampaknya ingin memberikan nilai plus pada setiap versi Android terbarunya. Google terus meningkatkan kemampuan dari setiap versi  Android sebelumnya.

10. Tampilan yang Lebih Fleksibel

Salah satu kelebihan dari Android adalah kostumisasi yang lebih. Karena Android berbasis Linux yang merupakan OS open source, kamu bisa mengkostumisasi dan mempersonalisasi sesuka kamu. Beda halnya dengan iPhone.

Pasalnya, iPhone memang didesain sebagai sistem operasi yang lebih tertutup sehingga tampilannya pun nggak bisa banyak kamu ganti.

Itulah beberapa kelebihan memakai smartphone Android dari iPhone yang perlu kamu tahu sebagai wawasan tambahan, semoga bermanfaat untuk kita semua dan tanpa merendahkan untuk para user iPhone.

Posting Komentar untuk "10 Kelebihan Smartphone Android Dibanding iPhone"